Senin, 27 Januari 2014

PENGERTIAN DAN FUNGSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN



PENGERTIAN DAN FUNGSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN
·        Pengertian perencanaan pembelajaran
Perencanaan pembelajaran merupakan catatan-catatan hasil penukiran awal seorang guru sebelum mengelola proses pembelajaran. Perencanaan pembelajaran merupakan persiapan mengajar yang berisi hal-hal yang perlu ada harus dilakukan oleh guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, yang sama meliputi: pemilihan materi, metode, media, dan alat silabus.
·        Menurut pendapat para ahli
-          Banghart dan Albert Trull mendevinisikan perenanaan pengajaran sebagai usaha menggambarkan sifat-sifat aktivitas perencanaan pengajaran yang luas dan mencakup berbagai aktifitas perencanaan dalam sistem pendidikan .
-          Philip combs mendevinisikan perencanaan pengajran merupkan suatu penerapa yang rasional dari analisis sistematis proses perkembangan pendidikan dengan tujuan agarpendidikan itu lebi efektifdan efisien sesuai denga kebutuhan dan tujuan para murod dan masyarakat.

·        Menurut Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BPPN)
Pengertian perencanaan pembelajaran sebagai suatu proses penyusunan alternatif kebijaksanaan mengatasi masalah yang akan dilaksanakan dalam rangka mencapai tujuan  pembangunan pendidikan nasional dengan mempertimbangkan kenyataan kenyataan yang ada dibidang sosial ekonomi sosial budaya dan kebutuhan pembangunan secara mnyeluruh terhadap pendidikan nasional.
Berdasarkan penjelasan (pendapat) diatas, perencanaan pembelajaran dapat dirtikan sebagai suatu kombinasi yang tersusun secara sistematis yang meliputi unsur unsur manusiawi , material , fasilitas , perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi dalam mencapai tujuan pembelajaran .


FUNGSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Salah satu faktor yang membawa keberhasilan guru adalah senantiasa membuat perencanaan pengajaran , sebelumnya, pada garis besar perencanaan pembelajaran itu bertujuan untuk mengarahkan dan membimbing kegiatan guru dan siswa dalam proses pembelajaran .
Secara ideal tujuan perencanaan pembelalara adalah menguasai sepenuhnya bahan dan materi ajar , metode dan penggunaan alat dan pelengkapan penbelajaran , mnyampaikan kurikulum atas dasar bahasan dan mengelola , alokasi waktu yang tersedia serta membelajarkan siswa sesuia yang di programkan .
            Menurut oemar Hamalik (2001) beliau mengemukakan perencanaan pembelajaran berfungsi sebagai:
-          Memberi guru pemahaman yang lebih jelas tentang tujuan pendidikan sekolah.
-          Membantu guru memperjelas pemikiran tentang sumbangan pembelaparanya terhadap pendidik
-          Menambah keyakinan guru atas nilai-nilai pembelaparan yang diberikan dan prosedur yng di gunakan.
-          Membant guru dalam mengenal kebutuhan-kebutuhan siswa, minat siswa. Dan mendorong motivasi siswa
-          Membantu guru memelihara kegairahan mengajar dan senantisa memberikan bahan-bahan yang update pada siswa.
Maka tujuan yang paling mendasar dari sebuah perencanaan pembelajaran adalah sebagai pedoman atau petunjuk guru serta mengarahkan dan membimbing kegiatan guru dan siswa dalam peroses pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar