PENGERTIAN DAN FUNGSI
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
·
Pengertian
perencanaan pembelajaran
Perencanaan pembelajaran merupakan catatan-catatan
hasil penukiran awal seorang guru sebelum mengelola proses pembelajaran.
Perencanaan pembelajaran merupakan persiapan mengajar yang berisi hal-hal yang
perlu ada harus dilakukan oleh guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan
pembelajaran, yang sama meliputi: pemilihan materi, metode, media, dan alat
silabus.
·
Menurut
pendapat para ahli
-
Banghart dan Albert
Trull mendevinisikan perenanaan pengajaran sebagai usaha menggambarkan
sifat-sifat aktivitas perencanaan pengajaran yang luas dan mencakup berbagai
aktifitas perencanaan dalam sistem pendidikan .
-
Philip combs
mendevinisikan perencanaan pengajran merupkan suatu penerapa yang rasional dari
analisis sistematis proses perkembangan pendidikan dengan tujuan agarpendidikan
itu lebi efektifdan efisien sesuai denga kebutuhan dan tujuan para murod dan
masyarakat.
·
Menurut
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BPPN)
Pengertian perencanaan
pembelajaran sebagai suatu proses penyusunan alternatif kebijaksanaan mengatasi
masalah yang akan dilaksanakan dalam rangka mencapai tujuan pembangunan pendidikan nasional dengan
mempertimbangkan kenyataan kenyataan yang ada dibidang sosial ekonomi sosial
budaya dan kebutuhan pembangunan secara mnyeluruh terhadap pendidikan nasional.
Berdasarkan
penjelasan (pendapat) diatas, perencanaan pembelajaran dapat dirtikan sebagai
suatu kombinasi yang tersusun secara sistematis yang meliputi unsur unsur
manusiawi , material , fasilitas , perlengkapan, dan prosedur yang saling
mempengaruhi dalam mencapai tujuan pembelajaran .
FUNGSI PERENCANAAN
PEMBELAJARAN
Salah
satu faktor yang membawa keberhasilan guru adalah senantiasa membuat perencanaan
pengajaran , sebelumnya, pada garis besar perencanaan pembelajaran itu
bertujuan untuk mengarahkan dan membimbing kegiatan guru dan siswa dalam proses
pembelajaran .
Secara
ideal tujuan perencanaan pembelalara adalah menguasai sepenuhnya bahan dan
materi ajar , metode dan penggunaan alat dan pelengkapan penbelajaran ,
mnyampaikan kurikulum atas dasar bahasan dan mengelola , alokasi waktu yang
tersedia serta membelajarkan siswa sesuia yang di programkan .
Menurut oemar Hamalik (2001) beliau
mengemukakan perencanaan pembelajaran berfungsi sebagai:
-
Memberi guru pemahaman
yang lebih jelas tentang tujuan pendidikan sekolah.
-
Membantu guru
memperjelas pemikiran tentang sumbangan pembelaparanya terhadap pendidik
-
Menambah keyakinan guru
atas nilai-nilai pembelaparan yang diberikan dan prosedur yng di gunakan.
-
Membant guru dalam
mengenal kebutuhan-kebutuhan siswa, minat siswa. Dan mendorong motivasi siswa
-
Membantu guru
memelihara kegairahan mengajar dan senantisa memberikan bahan-bahan yang update
pada siswa.
Maka
tujuan yang paling mendasar dari sebuah perencanaan pembelajaran adalah sebagai
pedoman atau petunjuk guru serta mengarahkan dan membimbing kegiatan guru dan
siswa dalam peroses pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar